Penulis 

Dony Handriawan, M.Pd.I dan Muhammad Nurman, M.Pd.

Editor

Dr. Muhammad Thohri, S.S., M.Pd.

Deskripsi Buku

Evaluasi tidak lagi mengutamakan asesmen pada akhir proses pembelajaran
(assessment of learning), melainkan lebih mengutamakan asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as Learning) dan asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for Learning). Setidaknya itulah yang menyebabkan kajian dalam praktek evaluasi pembelajan bahasa Arab berbasis Kurikulum Merdeka pada buku ini menjadi MENARIK. Sebab tidak seperti asumsi umum yang biasa melekat ketika berbicara tentang evaluasi bahwa ia seringkali digambarkan sebagai sebuah kegiatan penutup atau ending dalam setiap aktivitas pembelajaran, namun sebaliknya justru evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis Kurikulum Merdeka dalam buku ini memberikan sebuah paradigma baru tentang pentingnya asesmen sebagai bagian dalam proses maupun untuk proses pembelajaran yang seutuhnya. Hal ini sangat penting dalam upaya penanaman kesadaran kepada para mahasiswa bahwa hasil itu jelas penting, akan tetapi ternyata proses jauh lebih penting daripada hanya sebatas hasil akhir. Artinya dalam berbagai aktivitas pembelajaran, proses penilaian jangan sampai hanya didasarkan pada hasil evaluasi akhir semata. Namun, justru memberikan apresisasi pada setiap detail aktivitas pembelajaran merupakan hal yang juga tidak kalah pentingnya. Sehingga assesmen sebagai proses pembelajaran, dan assesmen untuk proses pembelajaran merupakan satu aktivitas yang secara utuh terintegrasi dalam setiap aktivitas pembelajaran bahasa Arab. Selain menu baru tentang pembahasan evaluasi pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum Merdeka, buku ini juga menyajikan menu khusus yang sangat khas dan berbeda dari buku evaluasi pada umumnya.
Buku ini secara spesifik dan sistimatis memaparkan pembahasan tentang proses evaluasi dalam berbagai elemen kajian pembelajaran bahasa Arab secara mendetail. Mulai dari penjelasan secara teoritik dan aplikatif proses evaluasi pada unsur-unsur bahasa Arab yang meliputi kajian bunyi bahasa Arab (ashwaatu al-lughah), kosa kata (mufradaat), maupun gramatika-nya (qawa’id wat tarakib), sampai pada pemaparan proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab dalam empat ranah keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan mendengar (mahara al-istima’), keterampilan berbicara (maharah al-kalam / maharah at-tahadduts), keterampilan membaca (maharah al-qira’ah) dan keterampilan menulis (maharah al-kitabah).

Informasi Detail
Judul Seri            : –

ISBN                     : 9786238497065

Jumlah Halaman  : vi + 268 hlm
Cover                    : Soft Cover
Ukuran                : 17.5 x 25 cm
Berat                    : 150 gr

Bahasa                 : Indonesia

Tipe Isi                : –

Edisi                    : –

Subjek                 : Referensi

Tahun Terbit       : 2023