Penulis

Dr. Muslehuddin, M.Pd.

Editor

Dr. H. Syamsu Syauqani, Lc., M.A.

Deskripsi Buku

Berbicara tentang Qur’an, al-Qur’an merupakan kitab suci agama Islam yang dijadikan sebagai pedoman hidup yang paling fundamental (manhaj al-hayat al-asasi). al-Qur’an sebagai petunjuk (al-huda), cahaya penerang (an-nur), penyembuh (asy-syifa’), dan pembeda antara yang hak dan yang bathil (al-furqan). keberadaan al-Qur’an juga diperuntukkan sebagai sumber hukum bagi manusia (dustur lil ummah), hidayah bagi makhluk sekaligus sebagai tanda kebenaran risalah Rasulullah SAW., Namun pada faktanya, meski al-Qur’an hadir sebagai petunjuk bagi seluruh alam, generasi muda saat ini menjadikan al-Qur’an hanya menjadi pajangan yang jarang dibaca, dipelajari dan dipahami, hal inilah yang kemudian membuat penulis  bermaksud menyajikan buku dengan judul “Ulumul Qur’an” sebagai daya dorong untuk memberikan semangat kepada generasi muda khususnya para mahasiswa, hal ini dikarenakan kajian tentang Al-Qur’an menjadi sajian yang harus di pelajari khususnya di PTKIN atau PT Islam Lainnya.

Matakuliah al-Qur’an telah menjadi matakuliah yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa  PTKIN dan Perguruan Tinggi Agama Islam lainnya. dengan demikian tentunya membutuhkan pengadaan literatur buku-buku al-Qur’an yang cukup memadai, sehingga penyusunan buku dan materi al-Qur’an ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang dimaksud. oleh sebab itu, materi yang disajikan dalam buku ini bertolak dari silabus dan kurikulum yang berlaku, seperti; konsep dasar tentang ‘ulumul qur’an; konsep dasar tentang al-Qur’an; nuzulul qur’an; asbab nuzul Al-Qur’an; mukjizat al-Qur’an; ilmu makkiyyah dan madaniyyah; qashash al-Qur’an; tafsir dan ta’wi.

Dengan hadirnya buku dengan judul “Ulumul Quran” ini dapat memicu dan memacu semangat generasi muda khususnya mahasiswa untuk mendalami, memahami lalu memperaktikkan apa yang menjadi perintah dalam al-Qur’an, sehingga kita mengetahui arah kehidupan yang lebih baik, dengan menjadikan  generasi-generasi yang ahli dalam bidang ilmu al-Qur’an, yang tentunya akan berdampak kepada kemajuan terhadap peradaban Islam di era sekarang ini.

Detail Buku
Judul Seri            : –

ISBN                     : 9786238497423

Jumlah Halaman  : vi + 217 hlm
Cover                    : Soft Cover
Ukuran                : 17.5 x 25 cm
Berat                    : 150 gr

Bahasa                 : Indonesia

Tipe Isi                : –

Edisi                    : –

Subjek                 : Referensi

Tahun Terbit       : 2023